Senin, 07 Mei 2012

OLAH JIWA RAGA DENGAN SHALAT

♥ Bismillaahir Rahmaanir Rahiim ♥

Belakangan ini banyak orang terpesona dengan yoga. Wanita dan pria eksekutif, artis, sampai dengan ibu rumahtangga pun terjangkit demam yoga. Yoga dianggap mampu memberikan ketenangan jiwa. Tapi masih perlukah melakukan yoga jika ternyata sholat memberi manfaat lebih ..?

Dalam Islam pun ada sistem yang mirip dengan teknik yoga, yaitu sholat. Sholat (yang minimal dikerjakan lima kali sehari) sangat efektif pengaruhnya pada olah jiwa dan raga. Dalam sholat orang menjalani rukun yang teratur dan terkomposisi secara baik. Sholat tak sekedar mensyaratkan kebersihan, tapi juga kesucian badan dan pakaian untuk mencapai ketentraman pikiran dan jiwa. Dan yang paling penting, saat ucapan dan batin sedang berdzikir, ia menyambungkan dirinya dengan Allah SWT.

Mendatangkan Ketenangan ...

Kita bisa merasakan ketika sholat dilakukan dengan khusyuk, akan mendatangkan ketenangan melebihi ketenangan yang didapat melalui yoga, meditasi, maupun hipnotis. Ketenangan itu sendiri terbukti mampu meningkatkan ketahanan tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, dan meningkatkan usia harapan hidup.

Sebaliknya, ketika bentuk-bentuk tekanan mental seperti stres atau depresi menyerang, tubuh akan rentan terhadap berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat perkembangan sel kanker.

Tekanan mental itu mengakibatkan gangguan irama sirkadian (siklus bioritmik manusia) yang ditandai dengan peningkatan hormone kortisol. Untuk memastikan apakah seseorang sedang mengalami stres atau tidak, dapat diketahui dari uji kandungan kortisol dalam tubuhnya.

Saat kita sholat, terutama sholat tahajud, irama sirkadian tubuh menjadi teratur, tubuh pun mengalami relaksasi. Karena itu sholat pun dapat digunakan sebagai terapi peredam stres.

Menjadi Penyembuh ...

Gerakan-gerakan yoga memang berkaitan dengan simpul saraf otak. Kalau otak tenang, seluruh badan akan mengikuti otak dan terjadilah keseimbangan dan kesehatan. Ambil contoh gerakan postur paschimatanasana atau serangga, memberikan stimulus pada saraf otak yang mengurusi pankreas. Gerakan ini mengirim informasi ke pankreas tentang produksi insulin, apakah kurang cukup, atau berlebih untuk menciptakan keseimbangan. Pada saat yang sama, otak mengirim sinyal ke saraf di mulut yang mengurusi gula untuk menolak gula.

Begitu juga dengan sholat. Dalam kondisi stres berkepanjangan hormon kortisol akan menekan proliferasi limfosit sehingga zat kekebalan tubuh tidak terinduksi. Akibatnya daya tahan tubuh menurun dan rentan terkena infeksi dan kanker. Kanker, seperti diketahui, adalah pertumbuhan sel yang tidak normal.

Sholat dengan ikhlas dan kontinyu akan merangsang pertumbuhan sel-sel normal sehingga membebaskan pengamal sholat dari kanker (tumor ganas). Saat kita melaksanakan sholat, dalam tubuh berlangsung proses relaksasi otot pada bagian tubuh tertentu, diantaranya pada bagian kepala, leher, bahu, pergelangan tangan, jari-jari, perut, tulang belakang dan punggung, paha, pinggang, bahkan pada pergelangan dan jari-jari kaki. Proses relaksasi ini dapat mengurangi tingkat kecemasan, insomnia, hiperaktif pada anak, dan membantu mengurangi kecanduan rokok. Sholat yang dijalankan dengan tepat, kontinyu, dan ikhlas dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif dalam hidup.

Harus Dengan Tuma’ninah ...

Dalam yoga, setiap gerakan diatur tidak boleh dilakukan lebih dari 3 menit. Awalnya, setiap gerakan bisa dilakukan selama 20 detik. Lalu ditingkatkan dalam waktu kelipatan 20 detik, hingga mampu mencapai tidak lebih dari 3 menit. Mengapa begitu?

Karena latihan dengan kelipatan waktu 20 detiklah yang dapat memberikan stimulus pada otak. "Kalau saya melakukan satu gerakan 15 detik, lalu 17 detik, kemudian 19 detik, maka kita hanya mendapat manfaat olahraga karena badan kita berkeringat. Tapi manfaat dari sisi yoga tidak ada, karena tidak kelipatan 20 detik. Daripada melakukan lima kali masing-masing 15 detik, lebih baik satu kali 20 detik, otak pun menstimuli dan mulai bekerja," ujar Anand Krisgna, seorang pakar yoga.

Menurut Anand, tidak ada aturan baku tentang frekuensi melakukan yoga. Latihan bisa dilakukan seperti makan obat, tiga atau empat kali sehari. Hanya saja ada anjuran sebaiknya dilakukan sekitar empat jam setelah makan, atau perut agak kosong, sehingga tidak timbul rasa mual. Sebaiknya yoga dilakukan 2 sampai 3 kali sehari. "Pagi, sore, dan malam. Untuk terapi yoga bisa dilakukan setiap hari," tambah Anand.

Dalam melakukan setiap gerakan sholat pun dibutuhkan keteraturan waktu, namanya tuma’ninah. Keteraturan gerak dan jeda waktu yang merupakan rukun sholat ini ternyata bukan tanpa maksud. Masing-masing gerakan sholat ternyata berpengaruh pada hormon tertentu dalam tubuh.

Jadi kenapa membuang waktu dengan berlatih yoga jika Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dengan sholat? Manfaat yang merentang dari dunia (jiwa raga sehat) hingga ke akhirat.

8 Posisi Dalam Sholat Dan Manfaatnya ...

Syaikh Hakim Abu Abdullah Ghulam Moinuddin, telah mengkaji bahwa ada delapan posisi gerakan dalam sholat yang memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Delapan posisi serta manfaatnya tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berdiri tegak menghadap kiblat (saat mengucapkan niat) ...

Pada posisi ini tubuh akan merasa terbebaskan dari segala beban, karena ada pembagian beban yang sama pada kedua kaki. Selain itu, posisi punggung lurus akan memperbaiki posisi tubuh, dan pandangan dipertajam dengan memfokuskan pada tempat sujud.

2. Berdiri dengan kedua tangan diletakkan di atas pusar.....

Efek posisi ini adalah memperpanjang konsentrasi sekaligus menyebabkan pengenduran kaki dan punggung, serta menimbulkan perasaan kerendahan hati dan kesederhanaan. Posisi ini juga menunjukkan sikap rileks atau istirahat paling sempurna. Dan yang lebih penting lagi aliran darah kembali ke jantung, produksi getah bening, dan jaringan yang terkumpul dalam kantong-kantong kedua persendian itu menjadi lebih baik sehingga mencegah timbulnya penyakit persendian.

3. Ruku’ ...

Posisi ini dapat melonggarkan otot-otot punggung bagian bawah, paha, dan betis. Selain itu melonggarkan otot-otot perut, abdomen dan ginjal, serta menambah kepribadian baik, menimbulkan kebaikan hati dan keselarasan batin. Gerakan ini dapat pula mencegah atau menyembuhkan penyakit scoliose (pembengkakan tulang punggung).

4. I’tidal ...

Pada gerakan ini darah segar naik kembali ke bagian atas tubuh. Menyebabkan tubuh ringan kembali dan terlepas dari rasa penat.

5. Sujud ...

Efek posisi ini adalah mencegah pembesaran perut di bagian tengah, menambah aliran darah ke bagian atas tubuh, terutama pada kepala paru-paru. Proses ini bermanfaat untuk membersihkan racun, mengurangi tekanan darah tinggi, yang secara psikis berpengaruh menghilangkan egoisme dan kesombongan. Karena pada dasarnya gerakan ini menunjukkan ketundukan dan kerendahan hati.

Pada posisi ini pula semua otot akan berkontraksi, pembuluh- pembuluh darah arteri, vena serta urat-urat getah bening akan terpijit dan terurut, sehingga peredaran darah akan lancar. Ini membantu pekerjaan jantung dan menghindarkan timbulnya arteriosclerosis (pengerutan dinding pembuluh darah).

6. Duduk antara dua sujud ...

Posisi ini dapat membantu menghilangkan efek racun pada hati dan merangsang gerakan peristaltik usus besar. Pada wanita, gerakan ini akan membantu pencernaan dengan mendesak turun isi perut.

7. Sujud kedua....

Pengulangan sujud yang kedua kalinya dalam jangka waktu beberapa menit akan membersihkan sistem pernafasan, peredaran darah dan syaraf. Tubuh akan terasa ringan dan emosi menjadi stabil. Selain itu, penyebaran oksigen ke seluruh tubuh akan lebih lancar dan menyeimbangkan sistem syaraf simpatik dan para simpatik.

8. Duduk tahiyat ...

Di saat duduk tahiyat pertama pada hakikatnya kita duduk dengan otot-otot pangkal paha. Dengan demikian tumit menekan otot-otot pangkal dan syaraf pangkal paha. Pijitan tersebut dapat menghindarkan atau menyembuhkan penyakit syaraf pangkal paha (neuralgia).

(♥ Subhallah & Semoga Bermanfaat ♥)
______________________________________________________
Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat.
Silakan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun.
semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Aamiin Ya rabbal 'alamiin |

#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI#
... Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaik ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar